Sunday, July 28, 2013

Zakat Fitrah : Lambang Penyucian Hati

Posted by UPP DPMZ On 6:18 PM No comments




Pengertian Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu apabila masuknya bulan Ramadan dan bulan Syawal. Zakat fitrah disyari’atkan khusus untuk umat Muhammad SAW, dan mulai diwajibkan pada tahun dua hijriyah.


Hukum Zakat Fitrah

Zakat fitrah berhukum wajib atas setiap muslim, baik lelaki atau perempuan, besar atau kecil, merdeka atau hamba, yang telah memenuhi syarat wajibnya.

Dalil Zakat Fitrah

Dalil kewajiban zakat fitrah adalah;

1)Al-Quran = Firman Allah SWT:

]وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلاَةَ وَآتُواْ ٱلزَّكَاةَ وَٱرْكَعُواْ مَعَ: ٱلرَّاكِعِينَ[

“Dan dirikanlah solat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'.”

(Surah Al Baqarah, ayat : 43)

2)Hadith = Sabda Nabi SAW:

]بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلٰى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ ﻵ إِلٰـهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ، وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ، وَالْحَجِّ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ[

“Islam didirikan atas lima (dasar): penyaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusanNya, mendirikan solat, mengeluarkan zakat, menunaikan Haji, dan puasa Ramadan.”

(Riwayat Bukhari dan Muslim)

Justeru itu pihak Dewan Perwakilan Mahasiswa Zagazig sesi ini menyeru warga Malaysia di Zagazig agar menyegerakan pembayaran zakat fitrah kepada amil yang telah dilantik saudara Mohamed Zulfiqar Bin Mohamed Akram, Bendahari DPMZ sesi 2012/2013 dan saudari Siti Najwa Binti Roslan. Semoga ibadah kita ini diperlihat oleh Allah di akhirat kelak serta menyedari tugas kita sebagai hambaNya dengan mentaati keseluruhannya tanpa meninggalkan sedikitpun.

“Memartabat Kelimuan, Memimpin Kesatuan.”

0 comments:

Sahabat